Kerjasama

Dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan Madrasah Aliyah Al-Falah membangun kerjasama baik secara insidental ataupun permanen dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat, seperti UPI, UIN SGD, ITB, UNPAD, UNISBA, UNINUS dan Instansi lainnya.

1. Kerja sama dengan orang tua

Kerja sama dengan orang tua peserta didik dilaksanakan melalui Komite madrasah. Ada 5 (lima) peran orang tua dalam pengembangan madrasah yaitu sebagai :

✅ Donatur dalam menunjang kegiatan dan sarana madrasah, walaupun pada kenyataannya belum berjalan secara optimal
✅ Mitra madrasah dalam pembinaan pendidikan
✅ Mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik
✅ Mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan dan
✅ Sumber belajar

2. Kerjasama dengan Alumni

Kerjasama antara madrasah dengan para alumni sudah terjalin antara lain:  melalui pengajian-pengajian rutin yang terkoordinir di berbagai daerah, Kerjasama dalam pembelajaran bahasa inggris di Pare Jawa Timur melalui pengiriman peserta dari siswa MA Al-Falah dan kerja sama berupa kegiatan Percetakan karya ilmiah sebagai mediator hasil karya.

3. Kerjasama dengan Pondok Pesantren di lingkungan sekitar

Seperti diuraikan diatas, bahwa MA Al-Falah didirikan dan dibesarkan oleh Yayasan Asysyahidiyah. Banyak siswa MA Al-Falah adalah santri Pondok Pesantren  Al-Falah. Demikian juga banyak santri Pondok Pesantren  Al-Falah adalah siswa MA Al-Falah. Keharuman Pondok Pesantren di lingkungan  lokal, nasional maupun Internasional membawa harum juga kepada MA Al-Falah. Demikian juga sebaliknya Prestasi yang dicapai MA Al-Falah juga merupakan prestasi yang dicapai Pondok Pesantren Al-Falah.

Keterbatasan waktu, sarana prasarana dan tenaga kependidikan  dalam KBM keagamaan, dilengkapi dengan kegiatan pengajian di pesantren.  Seperti kita maklumi bahwa waktu pelajaran agama yang diuraikan menjadi pelajaran Fiqih, Qur’an Hadits, Aqidah, Bahasa Arab hanya tersedia waktu 2 jam pelajaran/minggu. Sehingga keberadaan MA Al-Falah dilingkungan Pondok Pesantren sangat diuntungkan. Terlebih dengan adanya program pengajian bagi guru dan karyawan di  lembaga-lembaga pendidikan dilingkungan Yayasan Pondok Pesantren sangat membantu terbentuknya hubungan baik antara lembaga-lembaga tersebut.

Selain itu Madrasah Aliyah Al-Falah memberikan sumbangsih pemikiran dengan mengadakan berbagai seminar/workshop untuk meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dunia pendidikan dan pentingnya  Managemen untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi madrasah dan pesantren-pesantren sekitar MA Al-Falah.

4. Kerjasama dengan Lembaga Pendidikan dilingkungan Yayasan

Hubungan baik antar jenjang pedidikan yang ada dilingkungan Yayasan diwujudkan dengan adanya pola koordinasi dan konsolidasi yang rutin.  Siswa siswi lulusan MTs  Al-Falah yang mendaftar di MA Al-Falah menjadi prioritas pertama, kemudian siswa dari luar  yang benar-benar memenuhi syarat untuk menjadi Siswa MA Al-Falah. Demikian juga siswa MA Al-Falah diupayakan supaya berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dilingkungan Pondok Pesantren Al-Falah yakni melanjutkan di STAI Al-Falah.

5. Kerja sama dengan Organisasi kemasyarakatan (NU, Muslimat, Fatayat, Ansor)
6. Kerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat (khususnya Kemenag & Diknas)
7. Kerja sama dengan Masyarakat

Peserta Didik MA Al-Falah yang termasuk dalam Group qasidah, Nasyid dan Marawis sering dipanggil dan mengisi acara-acara penting seperti:

  • TVRI Nasional acara Festival Exhsibisi MABIMS (Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura) di Hotel Syahid Jakarta
  • Pertemuan ’Ulama dan ’Umaro Bandung
  • Mengisi acara mewakili Indonesia dalam acara MABIMS di Jakarta
8. Poskestren

Poskestren Al-Falah bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Nagreg dalam rangka memberikan pelayanan kepada siswa/santri dan mewujudkan Madrasah yang bersih sehat dan indah. Selain itu dilakukan kerjasama dalam pelatihan tentang Kesehatan Poskestren bagi siswa-siswi MAS Al-Falah dan sosialisasi tentang bahaya Narkoba dan HIV/AIDS.